Header Ads

Himpaudi Jayaa

Bangun Kekuatan Emosional Orang Tua dan Anak



Blitar – Golden Age atau usia emas harus benar-benar mendapat perhatian serius. Orang tua tidak bisa menyerahkan tanggungjawab pendidikan kepada pihak lembaga sekolah, kelompok bermain atau bahkan hanya kepengasuh. Kendati orang tua sibuk diharapkan mempunyai waktu untuk mendampingi anak-anak. Pasalnya, kekuatan emosional antara anak dan orang tua turut mencetak karakter anak. Mengingat anak adalah penerus bangsa. Kelangsungan hidup bangsa ini ditangan anak-anak tersebut. Sehingga diharapkan tercipta generasi yang berkualitas. Demikian sambutan Bupati Blitar di acara Gebyar Kreatifitas Anak dan Orang Tua serta Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Mewarnai Gambar se- Kabupaten Blitar pada peringatan Hari Kartini , di Pendopo Sasana Adhi Praja Kantor Bupati Blitar, Senin 18 April 2016 .

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga memberikan apresiasi kepada panitia penyelanggara yakni HIMPAUDI, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar dan jajarannya. Karena gebyar kreatifitas adalah inisiatif yang baik dalam menumbuhkembangkan kreatifitas anak. Harapannya, kedepan ajang seperti ini bisa diadakan secara berkelanjutan.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Totok Subihandono. Menurutnya, peran keluarga sangat penting dalam mencetak generasi berkualitas. Selama ini pola asuh anak disesuaikan dengan pola asuh di rumah. Untuk itu diharapkan kedua orang tua penting untuk selalu mendampingi anak dalam berbagai kegiatan. Termasuk pada Gebyar Kreatifitas yang berlangsung di Pendopo Sasana Adhi Praja. Kepala Dinas Pendidikan tersebut memberikan apresiasi kepada ayah yang juga turut mendampingi anak-anak mereka dalam lomba mewarnai. Karena ayah adalah cahaya bagi anak.

Sementara itu Panitia dari HIMPAUDI dalam laporannya menegaskan bahwa target dari kegiatan itu sekitar 5 ribu peserta. Namun justru melebihi dari target yakni 6.674 anak dan orang tua sedangkan dari Guru PAUD sekitar 767 peserta. Lomba kreatifitas ini berlangsung dua tahap yakni pada tanggal 12 April 2016 serentak di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Dan tahap II pada tanggal 18 April 2016 di Pendopo Sasana Adhi Praja sebagai ajang lomba untuk nominator dengan jumlah anak sebanyak 267 anak dan orang tua serta 50 guru PAUD. Tujuan dari kegiatan tersebut selain mendekatkan antara orang tua dan anak juga sebagai langkah meningkatkan intelektual anak.

Diakhir acara, Bupati Blitar yang didampingi Ny.Hj. Ninik Rijanto, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Subianto, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Blitar, berkesempatan memberikan piagam dan piala bagi 10 nominator dalam kegiatan tersebut. Mulai dari nominator peserta terbanyak, nominator kreatifitas anak dan orang tua, nominator guru juga nominator lembaga kreatif. Untuk nominator peserta gebyar kreatifitas terbanyak dimenangkan oleh Kecamatan Kademangan, kreatifitas anak dan orang tua antara lain diraih dari Kecamatan Nglegok, Talun, dan Udanawu. Untuk guru kratif dimenagkan dari Kecamatan Nglegok, Ponggok, dan Kanigoro. Sedangkan untuk lembaga kratif diraih oleh Kelompok Bermain Kesamben dan Al Hidayah Wonotirto.

Sumber : Humas Pemkab Blitar

No comments